Jika Anda ingin mengetahui cara melakukan SEO, ada baiknya kita memahami dahulu bagaimana cara kerja search engine.
Tugas utama Search Engine adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan query atau keyword yang dicari oleh user.
Tantangannya adalah, bagaimana si Search Engine tersebut bisa menilai “relevansi”? Bagaimana search engine yang notabene hanyalah sebuah “mesin” bisa menentukan “relevansi” yang sifatnya subyektif?
Jika ada 2 website yang isinya tentang “sepatu”, bagaimana si mesin ini bisa menentukan website yang satu lebih relevan dibanding website yang lain?
Dalam menentukan relevansi ini, Search Engine (dalam hal ini Google) pertama-tama akan mengumpulkan dahulu (crawling) website-website yang jumlahnya ada milyaran menggunakan engine yang disebut spider. Setalah itu, website-website tersebut akan dikategorikan dan disusun berdasarkan kontennya (indexing).
Lebih detail cara kerja Search Engine (dalam hal ini Google) bisa Anda lihat disini
Dari milyaran website yang telah terindex tersebut, Google kemudian menggunakan algoritma (suatu kalkulasi matematika yang rumit) untuk menilai yang mana yang paling relevan. Dalam menentukan relavansi tersebut, Google menggunakan sekitar 200 lebih parameter, yang kalau dirangkum menjadi 3 kategori utama, yaitu:
Link
Berapa banyak link yang mengarah ke website Anda? Seberapa relevan link tersebut?
Konten
Apakah website Anda memiliki konten yang relevan dengan query yang dicari? Apakah kontennya banyak atau sedikit? Apakah kontennya adalah duplikat semua?
Struktur Web
Apakah struktur website Anda mudah di-crawl oleh Google? Apakah struktur website Anda sudah dipilah-pilah berdasarkan kategori yang paling sesuai? Apakah banyak link mati di website Anda?
Semoga artikel SEO ini bermanfaat bagi Anda.
- See more at: http://www.klikseo.com/seo-basic-memahami-cara-kerja-search-engine/#sthash.NORPfmtY.dpuf
Tugas utama Search Engine adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan query atau keyword yang dicari oleh user.
Tantangannya adalah, bagaimana si Search Engine tersebut bisa menilai “relevansi”? Bagaimana search engine yang notabene hanyalah sebuah “mesin” bisa menentukan “relevansi” yang sifatnya subyektif?
Jika ada 2 website yang isinya tentang “sepatu”, bagaimana si mesin ini bisa menentukan website yang satu lebih relevan dibanding website yang lain?
Dalam menentukan relevansi ini, Search Engine (dalam hal ini Google) pertama-tama akan mengumpulkan dahulu (crawling) website-website yang jumlahnya ada milyaran menggunakan engine yang disebut spider. Setalah itu, website-website tersebut akan dikategorikan dan disusun berdasarkan kontennya (indexing).
Lebih detail cara kerja Search Engine (dalam hal ini Google) bisa Anda lihat disini
Dari milyaran website yang telah terindex tersebut, Google kemudian menggunakan algoritma (suatu kalkulasi matematika yang rumit) untuk menilai yang mana yang paling relevan. Dalam menentukan relavansi tersebut, Google menggunakan sekitar 200 lebih parameter, yang kalau dirangkum menjadi 3 kategori utama, yaitu:
Link
Berapa banyak link yang mengarah ke website Anda? Seberapa relevan link tersebut?
Konten
Apakah website Anda memiliki konten yang relevan dengan query yang dicari? Apakah kontennya banyak atau sedikit? Apakah kontennya adalah duplikat semua?
Struktur Web
Apakah struktur website Anda mudah di-crawl oleh Google? Apakah struktur website Anda sudah dipilah-pilah berdasarkan kategori yang paling sesuai? Apakah banyak link mati di website Anda?
Semoga artikel SEO ini bermanfaat bagi Anda.
- See more at: http://www.klikseo.com/seo-basic-memahami-cara-kerja-search-engine/#sthash.NORPfmtY.dpuf
0 Komentar untuk "Memahami Cara Kerja Search Engine "